body { background: #fffff; }
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Pertanyaan Interview Kerja Yang sering Muncul Dan Cara Menjawabnya


7 Pertanyaan Wawancara Kerja Yang Paling sering Muncul dan Bagaimana Cara Menjawabnya

Dalam proses mencari pekerjaan, tahap wawancara merupakan momen penting yang bisa menentukan kelanjutan karir kita. Setiap calon karyawan pasti ingin tampil percaya diri dan memberikan kesan yang baik kepada pewawancara. Namun, seringkali ada pertanyaan-pertanyaan khas yang muncul dalam wawancara kerja, dan persiapan yang baik diperlukan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan sukses.

Dalam artikel ini, kami akan membahas tujuh pertanyaan wawancara yang paling sering muncul dan memberikan panduan tentang cara menjawabnya dengan baik. Pertanyaan-pertanyaan ini tidak hanya merupakan pertanyaan standar, tetapi juga memainkan peran penting dalam menggambarkan diri kita sebagai calon yang ideal untuk posisi yang dilamar.

1. Perkenalkan diri Anda atau ceritakan tentang diri Anda.

Pertanyaan ini merupakan gerbang pertama untuk merebut hati HRD saat wawancara. Jangan hanya memberikan profil singkat tentang dirimu, tetapi fokuslah menjelaskan pencapaian-pencapaian yang pernah kamu raih. Berikan daya tarik pada saat perkenalan diri dengan menyertakan bidang yang dikuasai, ketrampilan khusus, dan prestasi yang pernah diraih.

2. Mengapa Anda ingin bekerja di sini?

Jawaban untuk pertanyaan ini harus memiliki daya tarik bagi tim rekrutmen. Sampaikan bahwa perusahaan tersebut sesuai dengan jurusan dan keahlian yang kamu miliki. Jika tidak sesuai, sampaikan bahwa perusahaan tersebut sesuai dengan minat dan passionmu. Sesuaikan jawabanmu antara keahlian/jurusan yang sesuai dengan perusahaan dan minat/passionmu.

3. Kenapa perusahaan ini harus menerima Anda?

Jawaban untuk pertanyaan ini harus menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang tepat untuk mengisi kekosongan di perusahaan. Sampaikan jawaban yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Misalnya, jika mereka membutuhkan seorang pemimpin, tunjukkan pengalaman kepemimpinanmu dan bagaimana kamu bisa memimpin sebuah tim.

4. Apa yang Anda lakukan selama belum bekerja?

Jawaban untuk pertanyaan ini harus bersifat produktif. Jangan memberikan jawaban yang tidak memiliki makna. Misalnya, sampaikan bahwa kamu mengikuti kursus tambahan untuk menambah skill atau melakukan kegiatan serabutan yang dapat meningkatkan kemampuanmu. Sampaikan dengan elegan dan berikan jawaban yang memiliki makna.

5. Apa rencana Anda lima tahun ke depan?

Hindari menjawab dengan cita-cita yang tidak relevan dengan posisi yang kamu lamar. Sebaiknya, sampaikan bahwa rencanamu adalah menjai bagian terpenting di perusahaan tersebut. Tujuannya adalah menunjukkan bahwa kamu memiliki komitmen dan loyalitas terhadap perusahaan.

6. Apa kelebihan Anda?

Jawaban untuk pertanyaan ini harus disesuaikan dengan posisi yang kamu lamar. Jelaskan kelebihanmu yang relevan dengan posisi tersebut. Misalnya, jika yang dibutuhkan adalah seorang quality control, sampaikan bahwa kelebihanmu adalah teliti. Sesuaikan jawabanmu dengan posisi yang kamu lamar. Pembahasan mendetail cara menjawab pertanyaan ini bisa kamu baca artikel ini cara menjawab pertanyaan interview apa kelebihan anda?

7. Apa kekurangan Anda?

Pilih kelemahan yang tidak terkait dengan posisi yang kamu lamar. Sampaikan juga solusi untuk mengatasi kelemahan tersebut. Misalnya, jika kamu melamar sebagai operator produksi, jangan menyebutkan kekurangan yangberhubungan dengan pekerjaan tersebut. Sampaikan kekuranganmu yang tidak berpengaruh negatif pada pekeraan, misalnya kekurangan pelupa namun kamu selalu membuat catatan untuk mengatasi hal tersebut.

Demikianlah pembahasan tentang tujuh pertanyaan wawancara yang sering muncul. Semoga tips ini dapat membantumu dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi wawancara kerja.

Image by katemangostar on Freepik

Posting Komentar untuk "7 Pertanyaan Interview Kerja Yang sering Muncul Dan Cara Menjawabnya"