body { background: #fffff; }
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menjawab Pertanyaan Kelebihan dan Kelemahan saat Interview Kerja

Tips Cara Menjawab Pertanyaan Kekurangan dan Kelebihan saat Interview Kerja

Coba sebutkan kelemahan dan kelebihan kamu?

Pernahkah kalian mendapatkan pertanyaan seperti itu dalam sebuah interview kerja? Menurutku, hampir semua interview kerja pasti mengajukan pertanyaan semacam itu. Pertanyaan ini digunakan oleh pewawancara untuk mengenal diri kita lebih dalam, tentang kepribadian kita atau cara berkomunikasi kita, bahkan dari cara kita bekerja. Pertanyaan ini sebenarnya bisa memberikan gambaran tentang diri kita, tapi apakah kalian bisa dengan mudah menjawab pertanyaan tersebut?

Jujur saja, aku kesulitan untuk menilai diri sendiri. Lebih mudah menilai orang lain daripada diri sendiri, bukan? Namun, dalam wawancara, kita harus mampu mengevaluasi diri sendiri dengan baik. Karena apa yang kita sampaikan di awal wawancara bisa saja ditanyakan kembali oleh HRD beberapa saat kemudian. Jika jawaban kita tidak konsisten, terkesan plin-plan, atau bahkan terbukti bohong, hal ini dapat menyebabkan kita diskualifikasi. Oleh karena itu, sebisa mungkin kita harus mampu mengevaluasi diri sendiri secara objektif.

Berikut ini beberapa tips untuk cara menjawab pertanyaan mengenai kelebihan dan kelemahan diri kita saat interview kerja:

1. Susun Jawaban Terbaik

Jawaban dari pertanyaan ini harus disusun dengan kesadaran diri dan menunjukkan tingkat profesionalitas yang tinggi. Seorang pewawancara sudah berpengalaman mewawancarai banyak orang, sehingga mereka bisa menilai kejujuran dan kebenaran dari cara bicara kita. Oleh karena itu, penting untuk menjawab dengan jujur dan menjaga konsistensi jawaban kita sepanjang wawancara.

2. Hubungkan dengan Posisi yang Dilamar

Jawablah kelebihan diri yang berkaitan dengan posisi yang akan kita lamar. Misalnya, jika kita melamar sebagai staf administrasi, kita bisa menyebutkan bahwa kita memiliki kemampuan manajemen waktu yang baik dan dapat bekerja dengan terstruktur. Penting untuk menjawab dengan kelebihan yang relevan dengan posisi yang dilamar, agar pewawancara dapat melihat potensi kita lebih jelas.

3.  Jelaskan Cara Menghadapi Kelemahan

Selain menyebutkan kelemahan diri, sertakan juga bagaimana kita menghadapi atau mengatasi kelemahan tersebut. Misalnya, jika salah satu kelemahan kita adalah sering meremehkan hal-hal kecil, kita bisa menjelaskan bahwa kita telah belajar untuk melakukan double checking atau pengecekan tugas yang telah dikerjakan, guna memastikan tidak ada kesalahan atau kekurangan. Dengan ini, kita menunjukkan bahwa kita mampu belajar dari kelemahan dan melakukan tindakan perbaikan.

4.  Berikan Bukti atau Contoh

Sebutkan kelemahan dan kelebihan kita diikuti dengan bukti atau contoh yang menunjukkan hal tersebut. Misalnya, jika kita mengatakan bahwa kita adalah orang yang terstruktur, kita bisa memberikan contoh bahwa kita pernah menjabat beberapa posisi sebagai ketua dalam acara-acara di kampus atau sekolah kita. Atau dalam kehidupan sehari-hari, kita selalu merencanakan aktivitas harian dengan baik. Dengan memberikan bukti atau contoh konkret, pewawancara akan lebih mudah membayangkan kemampuan kita dalam situasi yang relevan.

5.  Jaga Keseimbangan antara Kelebihan dan Kelemahan

Penting untuk menjaga keseimbangan antara menyebutkan kelebihan dan kelemahan. Jangan terlalu banyak fokus hanya pada kelebihan kita dan minim mengakui kelemahan. Sebaliknya, jangan juga terlalu banyak menyinggung kelemahan tanpa menyebutkan kelebihan yang bisa diunggulkan. Usahakan untuk seimbang dalam memberikan penjelasan mengenai kelebihan dan kelemahan kita.

Dalam menjawab pertanyaan ini, aku biasanya menyebutkan tiga kelebihan yang terkait dengan posisi yang aku lamar, dan memberikan dampak positif bagi perusahaan. Selain itu, aku juga menyebutkan tiga kelemahan yang berkaitan dengan posisi tersebut, serta cara aku mengatasi atau menghadapinya. Dengan memberikan jawaban yang seimbang, aku dapat memberikan gambaran yang jelas tentang diriku kepada HRD atau pewawancara.

Demi kesuksesan dalam interview kerja, penting juga untuk berlatih menjawab pertanyaan ini sebelumnya. Persiapkan jawaban-jawaban yang relevan dan sesuai dengan kepribadian, keahlian, dan pengalaman kita. Selain itu, jangan lupa untuk tetap percaya diri dan menunjukkan sikap profesionalisme sepanjang wawancara.

Itu tadi beberapa tips dalam menjawab pertanyaan mengenai kelebihan dan kelemahan diri kita saat interview kerja. Semoga tips ini bermanfaat bagi kalian yang sedang mempersiapkan diri untuk menghadapi wawancara kerja. Jangan lupa untuk tetap tenang, jujur, dan percaya pada diri sendiri. Selamat mencoba dan semoga sukses! Terima kasih telah membaca artikel ini.

Image by katemangostar on Freepik

Posting Komentar untuk "Tips Menjawab Pertanyaan Kelebihan dan Kelemahan saat Interview Kerja"