body { background: #fffff; }
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Cara Menjawab "Coba ceritakan tentang dirimu" Saat Interview Kerja

Cara Menjawab "Coba ceritakan tentang diri kamu" Saat Interview Kerja

Pernahkah kalian mendapatkan pertanyaan, "Coba ceritakan tentang dirimu" saat menghadapi sebuah wawancara kerja? Sepertinya hampir semua orang pernah mengalami situasi tersebut. Pertanyaan ini umumnya digunakan oleh pewawancara untuk lebih memahami siapa kita sebenarnya dan bagaimana kepribadian kita. Berikut adalah beberapa tips dalam menjawab pertanyaan tersebut dengan baik dan efektif.

Pertanyaan ini biasanya muncul di awal wawancara. HRD akan meminta kita untuk menjelaskan tentang diri kita. Meskipun terlihat sederhana, kita harus berhati-hati. Kita harus menghindari menjawab dengan tidak tepat atau terlalu banyak mengungkapkan hal-hal pribadi yang bisa membuat kesan pertama kita menjadi buruk.

Lalu, apa yang sebaiknya dilakukan dan dihindari saat menjawab pertanyaan ini?

1. Yang Boleh Dilakukan

Ceritakan tentang diri kita secara produktif. Bicarakan kegiatan sehari-hari kita di kampus atau pekerjaan kita saat ini. Jelaskan perjalanan karier kita dan pengalaman kerja di tempat-tempat sebelumnya. Fokuskan pada aspek kehidupan profesional kita. Jika kita belum memiliki pengalaman kerja, kita dapat menceritakan pengalaman organisasi, pekerjaan paruh waktu, atau bahkan usaha bisnis yang pernah kita jalankan.

2. Yang Perlu Di Hindari

Jangan terjebak dalam menceritakan hal-hal pribadi yang tidak terlalu relevan. Hindari menceritakan riwayat pendidikan dari SD sampai SMP, makanan kesukaan, atau moda transportasi yang biasa kita gunakan. Hal-hal semacam itu tidak begitu penting untuk disampaikan dan dapat memberikan kesan bahwa kita kurang profesional atau tidak mampu mengarahkan percakapan.

Namun, jika ingin menyertakan cerita tentang kegiatan hobi, pastikan hobi tersebut produktif. Misalnya, ceritakan tentang pengalaman menjadi relawan mengajar anak-anak kurang mampu pada hari Sabtu. Dengan menceritakan kegiatan ini, kita dapat menunjukkan sisi lain dari diri kita di luar kehidupan profesional. Tetapi, tetaplah dalam batas yang menunjukkan bahwa kita dapat diandalkan dan bertanggung jawab. Misalnya, ceritakan tentang komitmen waktu dan persiapan materi yang kita lakukan ketika menjadi relawan mengajar.

Selain itu, jika ditanya tentang hobi, jangan hanya menjawab secara singkat seperti "Saya hobi bermain game" atau "Saya hobi berolahraga". Ceritakanlah lebih lanjut mengenai apa yang kita lakukan dalam hobi tersebut. Bagaimana kita membangun keterampilan atau menghasilkan sesuatu yang berguna bagi orang lain melalui hobi tersebut. Ceritakan juga sedikit gambaran tentang arah hidup kita. Meskipun tidak semua orang memiliki gambaran yang jelas, tetapi dengan memberikan gambaran secara kasar, kita dapat memberikan kesan kepada HRD bahwa kita adalah orang yang bersemangat, optimis, dan mampu mengarahkan hidup sendiri.

Nah, itu tadi beberapa tips dalam menjawab pertanyaan "Coba ceritakan tentang dirimu". Yang terpenting adalah memiliki rasa percaya diri. Kadang-kadang kita mungkin merasa ragu saat menceritakan tentang diri sendiri, dan merasa bahwa kita tidak sebaik yang kita ceritakan. Namun, percayalah bahwa setiap orang, termasuk saat dalam wawancara, cenderung memperlihatkan sisi terbaik dari diri mereka. Hal itu adalah hal yang wajar, asalkan kita tidak berbohong.

Demikianlah tips dalam menjawab pertanyaan "Coba ceritakan tentang dirimu". Semoga tips ini bermanfaat bagi kalian. Ingatlah untuk selalu memberikan jawaban yang relevan dengan kehidupan profesional kita, menghindari cerita yang terlalu pribadi, dan menjaga kesan bahwa kita adalah individu yang dapat diandalkan dan bertanggung jawab. Dengan mempersiapkan jawaban yang baik dan percaya diri, kita dapat memberikan kesan yang positif pada pewawancara. Terima kasih atas perhatiannya.

Image by yanalya on Freepik

Posting Komentar untuk "Tips Cara Menjawab "Coba ceritakan tentang dirimu" Saat Interview Kerja"